Program
KB / TK
Jam Belajar:
Kelompok Bermain
Kelompok Bermain A (Usia 2 tahun)
Hari : Selasa dan Kamis
Waktu : Pkl 08.00 – 10.00 WIB
Kelompok Bermain B (Usia 3 tahun)
Hari : Senin dan Rabu
Waktu : Pkl 08.00 – 10.30 WIB
Hari : Jumat
Waktu : Pkl 08.00 – 10.00 WIB
Taman Kanak-kanak
TK A usia 4 tahun
TK B usia 5 tahun
Hari : Senin s.d. Kamis
Waktu : 07.30 – 11.30 wib
Hari : Jum’at
Waktu : 07.30 – 10.30 wib
Secara umum titik berat pendidikan prasekolah,TK dan SD kelas 1 ( usia 2 s.d 6 tahun) terletak pada dua pendekatan sbb :
Perkembangan kognitif (persepsi dan pemahaman):
1. Berkembangnya kepekaan/persepsi indrawi (perkembangan kesadaran jasmani).
2. Memanfaatkan “simbol” untuk mengemukakan pendapat/gagasan.
3. Percaya hanya pada sesuatu yang dapat dilihat.
4. Logika baru terbatas pada satu variabel/aspek & satu arah atau pengertian masih terbatas hanya pada satu petunjuk/perintah.
5. Pemahaman bahasa terbatas pada kalimat-kalimat pendek.
Perkembangan emosional :
1. Egosentris (mempersepsi dunia & perasaan orang lain dari sudut pandangnya sendiri)
2. Masih sangat sulit mengendalikan emosi.
3. Kajian sosial masih harus sesuai dengan pengalaman mereka sehari-hari.
4. Sangat senang meniru
SM(p)
Alhamdulillah level SMp telah Sekolah Alam Bintaro telah dibuka di tahun ajaran 2015-2016. Dengan tujuan Finding the path and cultivating potency, siswa diharapkan dapat menemukan passion dirinya dan potensi yang dimiliki dapat berkembang dengan baik.
Jam belajar :
Hari : Senin s.d. Jumat
Waktu : 07.30 – 15.45 WIB
SD
Alhamdulillah SD Sekolah Alam Bintaro telah berjalan kurang lebih 8 tahun dan telah meluluskan 2 angkatan pada tahun ajaran 2014-2015 dan 2015-2016. Level SD terdiri dari kelas 1 s/d 6 dan terdiri dari max 3 kelas pararel untuk level 1 s/d 4. SD Sekolah Alam Bintaro telah terakreditasi A dengan nomor 100/BAP-S/M.SK/XI/2016
Jam belajar:
Hari : Senin s.d. Jumat
Waktu : 07.30 – 13.30 wib (kelas 1 – 2)
Waktu : 07.30 – 14.30 wib (kelas 3 – 6)
Untuk tingkat sekolah dasar penekanan perkembangan terletak pada :
Perkembangan kognitif (persepsi dan pemahaman):
- Stabilitas logis dunia fisik (Terpusat pada realitas)
- Logika konsep 2 arah (mampu memahami konsep “logika kebalikan” karena sudah mampu mengingat seluruh satu rangkaian sistem)
- Dapat memahami sistem yang terdiri atas kurang dari 4 variabel/aspek .
- Memahami konservasi kualitas (walaupun pengaturan & tampilan sesuatu diubah, selama tidak ada yang ditambahkan atau dihilangkan maka sesuatu tetap sama)
- Memahami operasi klasifikasi & analogi (menggolongkan sesuia dengan ciri-ciri tertentu)
- Memahami “Penserian” (Membangun urutan logis , contoh : mengurutkan dari besar ke kecil)
- Memahami proses dalam langkah-langkah singkat & bertahap.
Perkembangan emosional :
- Berkembangnya kepekaan emosi (Yang dapat dilakukuan oleh tutor) :
- Mengarahkan & menghaluskan emosi mereka (menyalurkan emosi secara positif dengan aktivitas-aktivitas seni dan olah raga)
- Membangkitkan persaan-perasaan mulia (heroisme, keberanian, kebaikan) dengan membiasakan mereka untk melakukan tindakan-tindakan mulia, menghadirkan model-model konsturktif (mempelajari kehidupan tokoh-tokoh besar) melalui kisah-kisah.
- Menghargai emosi/perasaan mereka, mengidentifikasi emosi mereka, membantu mereka mengelola emosi.
- Bisa menghargai perasaan orang lain (Membuat kajian-kajian sosial dengan ilustrasi konkrit)